Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar Olahraga Sepak Bola

Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar Olahraga Sepak Bola. Sepak bola merupakan salah satu olah raga paling besar & terpopular di dunia. Sepak bola menjadi salah satu olah raga yang disukai banyak orang di sebagian negara di dunia termasuk Indonesia.

Laki-laki & perempuan, umur belia hingga tua menyukai olah raga satu ini. Maka tak aneh, kalau sepak bola menjadi olah raga terpopular di dunia.

Akan tetapi, tahukah Kamu sejarah sepak bola? Berikut merupakan sejarah sepak bola:

Sejarah Sepak Bola

Dilansir dari buku Sepak Bola (2019) karya Ina Hasanah, olah raga sepak bola sudah mulai ada & diketahui khalayak umum pada 255-206 SM (Sebelum Masehi) kurang lebih abad kedua sampai ketiga.

Sepak bola kali pertama dimainkan di China oleh para tentara buat mengasah fisik, tepatnya di era Chun Qiu Zhan Guo (musim semi musim gugur negara berperang).

Waktu itu, sepak bola disebut dengan sebutan Tsu Chu. Tsu, yang berarti menendang bola dengan kaki, sementara Chu, berarti bola dari kulit & ada isinya. Bola yang dipakai dibuat dari kulit, jaring yang dipasang dibikin dari kursi bambu.

Disamping China, Yunani pun sudah mengenal olah raga sepak bola sejak tahun 800 SM, yang disebut dengan nama episkyro dan harpastum.

Sama seperti tsu chu, olah raga episkyro & haspastum juga dimaksudkan buat mengasah kekuatan fisik prajurit kerajaan.

Dalam buku The Worlds Game: A Italia History of Soccer karya Bill Muray, kalau sepak bola telah dimainkan sejak awal masehi.

Orang-orang di periode Mesir Kuno telah memperkenalkan permainan membawa & menyepak bola yang dibikin dari buntalan kain linen.

Sejarah Sepak Bola Modern

Seiring berjalannya waktu, sepak bola selalu mengalami perkembangan di berbagai belahan negara. Malahan sejumlah negara mengklaim sebagai tempat kelahiran sepak bola.

See also  Sejarah, Peraturan dan Teknik Dasar Olahraga Bola Basket

Pada sepak bola moderen, cara bermainnya lebih kasar & memakai kekerasan, alhasil banyak menuai permasalahan.

Dilansir dari Edmonton Journal, sampai-sampai Raja Edward III dari Inggris & Raja James I dari Skotlandia pernah tidak memperbolehkan olah raga sepak bola.

Pada 1863 yang menjadi era kelahiran olah raga sepak bola moderen dibuat aturan soal permainan sepak bola. Fremasons Tavern, membuat petunjuk baku untuk olah raga sepak bola. Sepak bola juga terus mengalami perkembangan, mulai dari pembentukan petunjuk bermain, wasit, & lain sebagainya.

Olah raga sepak bola terus tersebar ke banyak dunia, seperti Italia, Amerika Serikat & negara yang lain.

Pada 21 Mei 1904 induk organisasi sepak bola dunia dibentuk dengan nama Federation Internationale de Football Association atau yang lebih dikenal sebagai FIFA.

FIFA dibentuk oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia. Kejuaraan dunia sepak bola kali pertama diadakan di Uruguay, pada tahun 1930.

Pembuat Kata Soccer

Dilansir dari website Today I Found Out, pembuat kata soccer ialah Charles Wreford Brwon, mahasiswa Oxford.

Pada 26 Oktober 1863, sebagian anggota tim sepak bola Inggris berkumpul buat membuat serangkaian peraturan sepak bola.

Waktu itu, olah raga sepak bola di Inggris lebih dikenal sebagai association football. Maksudnya buat membedakan jenis olah raga bola yang lain, seperti olah raga rugby. Lantas sebutan association football, dirubah & ditambah akhiran-er, menjadi assoccer. Charles Wreford Brown merubah sebutan assoccer menjadi soccer. Sementara buat sebutan football & soccer sebenarnya tak mempunyai perbedaan arti.

Melansir dari website Bundesliga. com, sebutan soccer lebih sering dipakai oleh pemain Amerika. Maksudnya buat membedakannya dengan olah raga bola yang lain.

Sementara orang Inggris atau Benua Eropa lebih acap memakai sebutan football, yang artinya bola disepak dengan kaki.

Peraturan sepak bola

Pada olah raga sepak bola, kami mesti mematuhi peraturan yang telah dibuat FIFA jika ikut dalam permainan.

See also  Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar Olahraga Bulu Tangkis

Biasanya peraturan olah raga sepak bola sudah diketahui oleh seluruh pemain baik pemain yang mengikuti laga maupun penonton yang cuma menyaksikan saja.

Pada permainan olah raga ini, tiap pemain diizinkan memakai semua anggota tubuh kecuali tangan & lengan.

Disamping peraturan itu ada sejumlah peraturan yang lain, sebagai berikut:

Peraturan memulai pertandingan

Sebelum laga digelar, pemain mesti saling menjabat tangan antar sesama pemain atau musuh & berderet ke arah penonton.

Sebagai informasi, sekarang ini peraturan itu dilarang mengingat sejak 2020 sampai saat ini 2021 dunia lagi dilanda Covid-19.

Lantas, wasit membawa duit logam & kapten tiap tim bakal memilih sisi duit logam, lantas wasit melemparkan duit logam, & pilihan sisi duit logam yang sesuai oleh kapten dapat menentukan pilihan bola pertama maupun gawang.

Peraturan jumlah pemain sepak bola

Ada dua tim & masing-masing tim terbagi 11 pemain (salah satunya harus berperan penjaga gawang).

Jumlah tim tak bisa lebih & kurang dari tujuh pemain dalam tim. Sejumlah peraturan yang lain seperti di bawah ini:

  • Jumlah pemain maksimal keluar lapangan (tak termasuk cidera) sebanyak empat pemain.
  • Jumlah pemain pelapis maksimal 12 pemain Jumlah wasit 1 orang
  • Jumlah hakim garis 2-4 orang
  • Batasan jumlah perubahan pemain sebanyak tiga orang. Kecuali laga uji coba, di mana jumlah pemain pelapis dapat dirundingkan kedua tim yang mesti diberitahukan pada wasit sebelum laga digelar.

Peraturan perlengkapan pemain sepak bola

Para pemain diperbolehkan memakai atribut apapun sepanjang tidak mengganggu dia & pemain lainnya. Akan tetapi, terdapat perlengkapan dasar yang mesti dipakai tiap pemain, yakni:

  • Kaos tim ataupun biasa disebut seragam, pada laga ke-2 tim tak diizinkan menggunakan seragam satu warna. Tiap tim mesti memiliki identitas berbeda, tiap tim mesti memiliki dua warna seragam. Satu buat laga rumah (Kandang) & satu lagi buat pertandingan lawatan (Tandang). Lantas yang berbeda warna antara ke-2 tim ialah wasit, dan hakim garis. Kemudian warna seragam penjaga gawang juga mesti berbeda dengan pemain dari klubnya sendiri.
  • Kaos kaki, dalam laga resmi sepak bola warna kaus kaki mesti seragam. Kaus kaki juga dimaksudkan buat melindungi tulang kering & menghindari cedera.
  • Sarung tangan, cuma bisa digunakan kiper (penjaga gawang) buat memudahkan dalam menangkap bola & melindungi tangan dari sepakan bola yang keras.
  • Pelindung tulang kering yang ditutupi dengan kaus kaki.
  • Alas kaki bersolkan karet
  • Mesti memakai sepatu bola
  • Penutup kepala, cuma dapat dipakai pemain yang cedera.
  • Aksesoris yang dilarang, mencakup anting, kalung, gelang, & lainnya.
See also  Sejarah, Peraturan dan Teknik Dasar Olahraga Bola Basket

Peraturan wasit

Wasit memegang penuh jalannya permainan & memberi keputusan jika pemain bola melanggar peraturan yang dilakukan. Wasit utama dibantu dengan dua asisten wasit. Sejumlah tugas wasit antara yang lain:

  • Memastikan peraturan & mengendalikan jalannya permainan dengan bekerja sama dengan dua hakim garis & para ofisial ke-2 tim
  • Memastikan bola yang dipakai sesuai peraturan.
  • Memastikan perlengkapan & aksesoris pemain sesuai peraturan.
  • Berhak menyetop, menggantung maupun meninggalkan jalannya permainan jika terdapat campur tangan kubu lainnya.
  • Menjaga waktu & catatan permainan.
  • Menindak dengan disiplin pemain yang bersalah

Peraturan asisten wasit

Asisten wasit disebut linesman. Pekerjaannya melaporkan pada wasit utama jika terjadi offside dengan indikasi bendera & mengawasi jika terjadi throw in & tendangan sudut.

Teknik dasar sepak bola

Pemain sepak bola yang luar biasa lazimnya menguasai banyak teknik dasar olah raga sepak bola, Teknik dasar ini sangat krusial buat para pemain bola guna modal awal buat menaikkan kapasitas para pemain kedepan nya.

Salah satu teknik dasar yang mesti dipelajari dalam olah raga sepak bola ialah teknik menyetop bola yang disebut juga dengan controlling the ball.

Adapun teknik dasar sepak bola yang mesti dipelajari oleh pemain sebagai berikut:

  • Mengumpan bola (passing the ball)
  • Mengontrol ataupun menyetop bola (controlling the ball)
  • Membawa bola (dribbling the ball)
  • Menendang bola (shooting the ball)
  • Menyundul bola (heading)
  • Menjaga gawang (goal keeping)

Titi Wacana